Free Lunch Method: Menuai untung dari menggratiskan karya

Kamis, 18 November 2010


Pada tanggal 1 November 2010, Pandji Pragiwaksono, seorang musisi dan rapper Indonesia merilis album ketiga yang berjudul "Merdesa". Sebenarnya jika dilihat dari kacamata penikmat musik adalah suatu hal yang biasa seorang musisi merilis album mereka. Yang membuat peluncuran album ini menjadi tidak "biasa" adalah album ini dirilis secara online dan gratis. Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana Pandji bisa mendapatkan profit dari album ini jika ia merilisnya secara gratis? Bahkan untuk menutup biaya produksi pun tentunya dibutuhkan investasi dana.

Saya mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara dengan Pandji berkaitan dengan metode distribusi gratis yang ia lakukan. Pada wawancara tersebut Pandji menjelaskan apa yang ia sebut dengan "Free Lunch Method", bagaimana metode "gratisan" itu justru bisa membiayai seluruh album bahkan memberikan profit. Tentunya metode baru ini akan jadi sebuah alternatif bagi musisi dan pelaku dalam industri musik di Indonesia sekaligus merubah paradigma pemasaran yang biasanya dianut oleh pelaku bisnis di Indonesia.
Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak video wawancara saya dengan Pandji Pragiwaksono di bawah ini tentang bagaimana ia memasarkan album ketiganya dengan "Free Lunch Method" tersebut.

1 komentar:

heri sukardi mengatakan...

sip....saya suka posting anda...http://herrysukardi.blogspot.com/

Posting Komentar

Terima kasih telah mengujungi Blog saya,
semoga puas dan berhasrat untuk datang kembali. Senantiasa memberikan bonus senang dan bahagia kepada anda yang baik hati.